Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Melalui Pelatihan Microsoft Office

PEMALANG – Memiliki dan menguasai ilmu bidang informasi dan teknologi (IT) merupakan sebuah kebutuhan dalam menghadapi era globalisasi ini. Tidak kurangnya dalam bidang pemerintahan. Pembuatan arsip atau dokumen yang dulunya menggunakan mesin ketik, sekarang menggunakan komputer yang lebih praktis dan efisien. Adapun pembuatan dokumen ini menggunakan aplikasi Microsoft Office, di antaranya yang menjadi fokus dan sering digunakan adalah Microsoft Word dan Microsoft Excel.  Dinamika situasi tersebut tidak hanya berlaku untuk pemerintahan di wilayah kota saja, tapi juga berlaku di wilayah desa dalam rangka mengikuti perubahan zaman yang semakin cepat.  Untuk Desa Payung yang menjadi salah satu sasaran Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim I tahun 2016-2017, memiliki situasi yang cukup “unik” dalam pandangan penulis

Dari pengamatan di lapangan dan wawancara yang dilakukan oleh tim KKN dengan perangkat Desa Payung, diketahui bahwa sebagian besar perangkat desa mempelajari  cara penggunaan komputer (termasuk Microsoft Office) secara otodidak.  Ditambah,  dari delapan perangkat desa yang ada, terdapat dua di antara mereka yang masih awam dengan komputer.  Berangkat dari permasalahan di atas, Tim I KKN Desa Payung menyelenggarakan sebuah kegiatan pelatihan yang bertempat di Balai Desa Payung pada hari Selasa, 24 Januari 2017 dan Jum’at, 27 Januari 2017. Pelatihan ini berfokus pada cara menggunakan dan mengoperasikan Microsoft Word dan Microsoft Excel pada tingkat dasar dan menengah, yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam lingkup pemerintahan desa.

Pada hari pertama, pelatihan membahas seputar Microsoft Word. Materi yang dibahas adalah pengenalan lembar kerja, efek font, perataan paragraf, dan pembuatan tabel. Pelatihan berlangsung mulai pukul 09.40  WIB hingga pukul 12.00 WIB yang diakhiri dengan berfoto bersama perangkat desa.

Pada hari kedua, pelatihan membahas seputar Microsoft Excel, dengan materi yang meliputi operator aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian; penggunaan fitur AutoSum, AutoCalculate, dan AutoFill, serta pembuatan batas garis pada tabel. Pelatihan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB atau sebelum waktu ibadah salat Jum’at.

Antusias para perangkat desa selama pelatihan, menurut penulis, dinilai cukup tinggi.  Salah satu perangkat desa, yaitu Bapak Suyatno, mengatakan bahwa pada saat pelatihan itulah beliau pertama kali belajar mengoperasikan komputer.

Penulis berharap,  pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi Bapak dan Ibu perangkat Desa Payung.  Selain itu,  dalam rangka mendukung salah satu misi Desa Payung yaitu “meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya pada bidang penguasaan Teknologi dan Informasi” penulis berharap supaya lebih banyak diadakan  kegiatan pelatihan/pengenalan seputar pengenalan komputer yang ditujukan untuk warga Desa Payung.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*