Generasi Muda Bebas Narkoba Melalui Program Kader Pemuda Desa Anti Narkoba

Gambar 1. Tim I KKN UNDIP bersama dengan Karang Taruna Desa Payung, Kec. Bodeh, Kab. Pemalang

Jum’at, 3 Februari 2017. Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) I Reguler Universitas Diponegoro di Desa Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang telah melaksanakan salah satu program monodisiplin di minggu ketiga kami melaksanakan KKN. Kegiatan kami ini melibatkan salah satu kelompok yang wajib ikut serta dalam pembangunan desa yaitu Karang Taruna. Kegiatan ini bertempat di Balai Desa Payung pada pukul 19.30 WIB sampai dengan 21.30 WIB.

Dalam kegiatan kali ini, para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang dikoordinir oleh Ardillah Fauziyyah Dewi (Departemen Hubungan Internasional 2013) dan Rio Dwi Rezekiana Putra (Ilmu Hukum 2013) sebagai perancang dua program monodisiplin yang dilaksanakan pada satu waktu dan kami fokuskan kepada Karang Taruna Desa Payung. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sendiri berjumlah 33 orang yang terdiri dari pengurus Karang Taruna serta Pemuda dan Pemudi Desa Payung yang rata – rata terdiri dari remaja, siswa SMP, siswa SMA dan yang sudah bekerja. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi, yang pertama adalah sesi mengenai wajib belajar 12 tahun yang diisi oleh Rio Dwi Rezekiana Putra yang menjadi pembuka dari acara kami. Selanjutnya sesi kedua diisi oleh Ardillah Fauziyyah Dewi dengan program “Generasi Muda Bebas Narkoba melalui Program Kader Pemuda Desa Anti Narkoba”.

Gambar 2. Penyampaian materi Generasi Bebas Narkoba melalui sesi interaktif

Tujuan dari diadakannya program ini bukan karena di Desa Payung terdapat pengguna narkoba, tetapi lebih bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan mengenai bahaya narkoba karena Indonesia sebagai negara yang terkena dampak dari adanya Golden Triangle atau Segitiga Emas negara penghasil opium terbesar di Asia Tenggara yaitu Thailand, Laos dan Kamboja. Setela diberikan materi, diberikan pula film dokumenter singkat mengenai bahaya narkoba dan ditutup dengan sesi sharing mengenai pengaktifan kembali Karang Taruna di Desa Payung.

Gambar 3. Pembentukan Kader Pemuda Anti Narkoba bersama Karang Taruna Desa Payung, Kec. Bodeh, Kab. Pemalang


Dengan adanya program Kader Pemuda Desa Anti Narkoba, diharapkan dapat membantu sedikit dalam pengaktifan kembali kegiatan Karang Taruna di Desa Payung dan menjadi ajang tempat berkumpul serta berdiskusi lebih akrab dengan Pemuda Pemudi Desa Payung. Diharapkan dengan adanya program ini, menjadi awal langkah kami untuk bersentuhan langsung dengan Karang Taruna dan menjadi salah satu pelopor pengaktifan kembali struktur Karang Taruna yang telah lama terbentuk tetapi sangat jarang dalam melakukan kegiatan yang berhubungan dengan desa. Diharapkan pula dengan adanya kegiatan ini, menjadi awal langkah kami bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Payung, sehingga walaupun kegiatan KKN kami telah selesai nantinya, diharapkan Karang Taruna Desa Payung dapat lebih aktif melaksanakan kegiatan untuk menunjang kemajuan Desa Payung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *