Peningkatan Wawasan Dunia dan Indonesia melalui Program “Kenali Dunia dan Cintai Indonesia”

Gambar 1. Siswa kelas IV dan V menampilkan hasil gambar bendera negara anggota ASEAN

Sabtu, 21 Januari 2017. Tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) I Reguler Universitas Diponegoro di Desa Payung, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang telah melaksanakan salah satu program monodisiplin di SD Negeri 01 Payung. Setelah melaksanakan kegiatan belajar, siswa SD Negeri 01 Payung menyambut kedatangan kita sebagai mahasiswa KKN dengan bersorak “Halo Kakak – kakak KKN!”, yang sangat membuat kami selalu tersenyum setiap harinya.

Dalam kunjungan hari ini, para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang dikoordinir oleh Ardillah Fauziyyah Dewi (Departemen Hubungan Internasional 2013) sebagai perancang program monodisiplin, memberikan sedikit variasi terhadap pembelajaran di SD Negeri 01 Payung. Peserta dari kegiatan ini sendiri berjumlah 56 siswa yang terdiri atas siswa kelas IV dan kelas V yang dijadikan ke dalam satu kelas. Kegiatan terbagi ke dalam dua sesi, yang pertama adalah sesi mengenai wawasan dunia. Di dalam sesi materi wawasan dunia, anak – anak diberikan materi yang menyenangkan tentang banyak negara di dunia. Kemudian, anak – anak diberikan sesi interaktif, tebak – tebakan mengenai ikon yang ada di negara – negara besar seperti Patung Liberty di Amerika Serikat dan Menara Eiffel di Paris. Dalam sesi ini juga diberikan pengetahuan mengenai negara – negara di Asia Tenggara terutama Indonesia. Untuk itu, di sesi kedua, anak – anak diberikan wawasan mengenai Indonesia dan orang – orang Indonesia yang berprestasi di dunia internasional dan keindahan yang ada di Indonesia. Pada hasilnya, anak – anak dibagi ke dalam 10 kelompok dan menggambar bendera negara – negara ASEAN dengan pendampingan kami. Anak – anak terlihat sangat antusias dan senang ketika menggambar bendera karena mereka mendapatkan pengetahuan baru. Dan kegiatan ini ditutup dengan penampilan dari kami yaitu Musikalisasi Puisi dan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan Tanah Airku dengan diiringi gitar.

Gambar 2. Mahasiswa KKN mendampingi Siswa kelas IV dan V dalam kegiatan menggambar bendera negara anggota ASEAN

Tujuan dari diadakannya program ini adalah membuat anak – anak memahami dan mengerti mengenai wawasan yang ada di dunia, dan memberikan banyak informasi yang menarik mengenai Indonesia, sehingga akan berdampak kepada lebih mencintai negara sendiri yaitu Indonesia. Karena, sebelum merancang program ini, terdapat masalah adanya kekurangan variasi dalam mata pelajaran sehingga dari pihak sekolah sangat mengharapkan adanya pembantuan dalam meningkatkan pengetahuan mengetahui wawasan dunia. Hal ini tentunya akan memperkenalkan hal – hal positif dan dapat turut serta mengembangkan negara kita sendiri yaitu Indonesia. Acara ini juga sangat disambut positif oleh para guru dan semua siswa yang terlibat. Dengan adanya program ini, diharapkan dapat berlanjut dan turut serta membangun dunia pendidikan di SD Negeri 1 Payung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *